• (0356) 8833799
  • smaalhuda01@gmail.com

Computer Based Test

 post on: Jumat, 23 Nov 2018, 07:02:03 WIB      Administrator 371 view  Teknologi

Menanggapi kemajuan teknologi, pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pun tak lagi hanya mengandalkan sistem konvensional. Sejak melakukan uji coba pada tahun 2016, panitia pelaksana SBMPTN 2017 menerapkan sistem computer based test (CBT) selain cara konvensional yang sudah biasa dipakai paper based test (PBT). 

Lalu, sebenarnya apa saja perbedaan yang dihadapi peserta ujian CBT dan PBT?

Perbedaan paling signifikan dari pelaksanaan sistem ujian ini ada pada media pengerjaan. Bila peserta PBT diwajibkan untuk menghitamkan lembar jawab, maka peserta ujian CBT memilih jawaban benar pada layar komputer. Soal yang dihadapi pada kedua ujian pun memiliki tingkat kesulitan yang sama. 

Pada sistem PBT, kamu harus memastikan jawaban telah dihitamkan secara penuh supaya dapat terbaca mesin pemindai. Namun, jaga kelembaban telapak tangan kamu ya. Terkadang, gugup menyebabkan produksi keringat meningkat. Selain itu, karet penghapus serta cara menghapus juga harus diperhatikan seksama. Jika penghapus dan cara menghapusmu kasar, maka akan membuat kertas rentan berlubang. Sistem ini memudahkan kamu jika ingin melakukan corat-coret di atas kertas soal secara  langsung. 

Kamu yang tidak terbiasa menatap layar komputer dalam waktu lama mungkin memerlukan penyesuaian lebih jika mengambil sistem CBT. Pada sistem ini, kamu tidak perlu memikirkan teknis menjawab. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang kamu anggap benar. Jika ingin melakukan corat-coret soal, kamu tidak dapat melakukannya langsung pada soal. Pengawas ujian akan memberikan kertas untuk membantu kamu melakukan perhitungan. 

Beberapa di antara kamu mungkin sudah familiar dengan sistem ini ya, smart buddies. Di sekolah-sekolah terpilih sudah memakai sistem ini untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Nah, kamu dapat melihat beberapa aturan berikut ini untuk semakin terbiasa dengan ujian CBT. 

1. Masuk ruangan setelah tanda masuk dibunyikan. Biasanya, tanda ini dibunyikan 15 menit sebelum waktu ujian dimulai. Jika terlambat hadir, kamu hanya boleh mengikuti CBT setelah ada izin dari penyelenggara.

2. Kumpulkan tas di tempat yang telah ditentukan di dalam ruangan. Segala macam alat komunikasi elektronik, jam tangan, dan kalkulator tidak diperbolehkan dibawa di ruang ujian ya.

3. Isi daftar hadir dengan menggunakan alat tulis yang disediakan. Hal ini jangan sampai dilupakan ya.

4. Lakukan latihan CBT sesuai waktu yang disediakan. Hal ini perlu peserta lakukan supaya yakin bahwa aplikasi sudah bisa digunakan.

5. Cek kesesuaian identitas yang tampil di layar monitor. Samakan hal itu dengan kartu pendaftar yang telah kamu bawa.

6. Ketikkan username dan password yang telah disediakan, lalu mulai kerjakan.

7. Pilih jawaban dengan klik opsi menggunakan mouse. Bila ingin mengubah pilihan jawaban, kamu dapat mengarahkan kursor pada pilihan jawaban benar dan klik.

8. Lihat kelengkapan daftar jawaban di sisi kiri layar monitor. Bulatan merah pada angka menunjukkan soal telah terjawab, sementara warna hijau memperlihatkan soal belum dijawab.

9. Gunakan lembar kertas yang diberikan untuk melakukan coretan perhitungan yang diperlukan. Ingat, kamu tidak diperbolehkan membawa kertas corat-coret sendiri ya.

10. Dilarang bekerja sama dengan siapa pun. Berbagai bentuk pelanggaran dapat menyebabkan keikutsertaan kamu di SBMPTN digagalkan lho.

11. Pastikan identitas dan jawaban yang telah diisikan sudah lengkap. Aplikasi akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir. 

Di balik CBT dan PBT yang berbeda cara mengerjakannya, apakah sistem penilaiannya turut berbeda?

Jawabannya TIDAKsmart buddies. Apapun sistem dan kelompok apapun yang kamu pilih, mereka semua menganut satu penilaian. 

Setiap jawaban benar akan membuat kamu mendapat tambahan 4 poin. Nilai 0 diberikan jika pilihan jawaban dikosongkan. Sementara pengurangan 1 poin berlaku jika pilihan jawabanmu salah. Nah, intinya adalah kamu harus meraup poin jawaban benar sebanyak mungkin. Semangat!


Berita Terkait

Anger MANAGEMENT
Senin, 26 Nov 2018, 10:27:27 WIB Baca
MENJADI BERBUDI SESUAI KODRAT INSANI
Kamis, 22 Nov 2018, 07:59:54 WIB Baca
Bangun Solidaritas dan Kepemimpinan melalui LDKS
Kamis, 22 Nov 2018, 07:38:05 WIB Baca

Tuliskan Komentar