• (0356) 8833799
  • smaalhuda01@gmail.com

PERPUSTAKAAN SMA AL HUDA

 post on: Sabtu, 13 Okt 2018, 10:16:03 WIB      Administrator 565 view  Info Parent

PROFIL PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

 

            Perpustakaan SMA Al Huda Boarding School berdiri pada tanggal 4 Agustus 2015 di bawah naungan LPI Bina Anak Sholeh yang berlokasi di Jalan Letda Sucipto 108 Tuban. Awal berdiri gedung SMA Al Huda Boarding School berada di dalam ruang kelas yang pada saat itu berlokasi di Mahad Bahrul Huda. Pada tahun 2015 perpustakaan hanya memiliki ?50 judul buku dan buku tersebut sebagian besar hadiah dari Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

            Seiring dengan perkembangannya, tahun 2016 perpustakaan SMA Al Huda Boarding School menempati gedung baru seluas atau yang terletak di lantai pertama dekat lobby utama sekolah.  Saat ini koleksi buku yang dimiliki perpustakaan SMA Al Huda Boarding School berkisar ≥ 700 judul buku dengan jumlah rombongan belajar 3, jumlah peserta didik 71 orang, jumlah pendidik 20 orang, dan tenaga kependidikan 4 orang.

            Pada tahun 2015-2016 SMA Al Huda Boarding School sudah melakukan proses pengolahan bahan pustaka, tetapi masih manual. Artinya, masih belum menggunakan aplikasi tertentu dan hanya menggunakan MS. Word saja. Tahun 2017 perpustakaan SMA Al Huda Boarding School mengolah bahan pustaka dengan mengembangkan layanan berbasis teknologi informasi. Sebuah layanan dengan mengupayakan otomasi perpustakaan yang dibimbing Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melalui pelatihan penggunaan aplikasi inlislite. Otomasi tersebut di antaranya meliputi entri data buku, cetak label, entri anggota, cetak kartu anggota, transaksi (baca, pinjam, pengembalian buku), dan laporan. Selain itu, SMA Al Huda Boarding School sudah memberitahukan keberadaan perpustakaan dengan cara registrasi ke perpustakaan Nasional RI untuk memperoleh Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) dengan dibuktikan adanya NPP 3523161E200000 yang kini sudah dimiliki.

Dengan adanya aplikasi inlislite tersebut SMA Al Huda Boarding School dapat mengikuti perkembangan zaman dan dapat bersaing dengan sekolah negeri di Kabupaten Tuban. Alhasil, SMA Al Huda Boarding School meraih prestasi saat mengikuti lomba perpustakaan tingkat kabupaten tahun 2017 yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, yaitu menjadi nominasi 5 besar perpustakaan terbaik.

 

FASILITAS RUANG PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

 

  1. Luas ruangan  .
  2. Pendingin ruangan (AC) 3 unit.
  3. Peralatan multimedia meliputi 3 unit komputer bagi pengunjung dan 2 unit komputer untuk  petugas perpustakaan, 1 printer fotokopi, scanner barcode yang dilengkapi dengan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Hotspot area (wifi).
  5. Area gedung meliputi area koleksi, baca, area kerja, area multimedia.
  6. Perabot kerja dapat menunjang kegiatan memperoleh informasi dan mengelola meliputi kursi dan meja baca pengunjung, kursi dan meja kerja pustakawan, meja sirkulasi, dan meja multimedia.
  7. Perabot penyimpanan dapat menyimpan koleksi perpustakaan dan peralatan lain meliputi rak buku, rak majalah, rak surat kabar, almari/laci katalog, almari yang dapat terkunci.
  8. Perlengkapan lain terdiri atas buku inventaris, buku pegangan pengolahan untuk pengatalogan bahan pustaka/aplikasi EDDC.
  9. Lokasi perpustakaan berada di pusat kegiatan pembelajaran dan masih bias dilihat serta mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
  10. Perpustakaan memuat unsur 5 K (kebersihan, kerapian, kesegaran, ketenangan, keamanan).

 

VISI MISI PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

 

  1. VISI

“Menjadikan Perpustakaan SMA Al Huda Boarding School sebagai media pembelajaran dan penyedia informasi dalam menciptakan pendidikan berkarakter sesuai IMTAQ dan IPTEK”.

 

  1. MISI
  1. Memberikan layanan yang ramah, santun, tegas, dan tertib.
  2. Menyediakan koleksi bahan pustaka serta sumber informasi yang menunjang KBM di sekolah.
  3. Menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi dan teknologi.
  4. Menumbuhkan minat baca dan budaya gemar membaca warga selolah.
  5. Meningkatkan layanan pengguna yang memudahkan dan merujuk pada konsep perpustakaan digital (digital library).
  6. Menjadikan perpustakaan sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

 

  1. PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
  1. Pengadaan koleksi buku penunjang guru dan siswa serta fasilitas perpustakaan
  2. Pengadaan majalah dan surat kabar
  3. Pengadaan perlengkapan perpustakaan
  4. Pengadaan perlengkapan peralatan tulis dan penunjang perpustakaan
  5. Pengadaan tenaga pustakawan
  6. Pembuatan kartu anggota perpustakaan
  7. Pengolahan bahan pustaka tahap I
  8. Pengolahan bahan pustaka tahap II
  9. Perawatan dan pemeliharaan bahan pustaka.
  10. Pelayanan sirkulasi bahan pustaka
  11. Pemberian layanan prima bagi para pembaca
  12. Peningkatan minat baca bagi warga sekolah.
  13. Pemeliharaan fasilitas perpustakaan
  14. Pembagian dan pengembalian buku paket
  15. Promosi perpustakaan
  16. Mengikutsertakan perpustakaan sekolah dalam berbagai lomba
  17. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu
  18. Peningkatan mutu SDM
  19. Pengadaan mading
  20. Mengadakan pojok literasi
  21. Pengadaan Al  Qur’an elektronik
  22. Pengelolaan buku yang rusak dan penggantian buku yang hilang
  23. Pengadaan apresiasi bagi siswa dan guru yang rajin membaca
  24. Peringatan hari perpustakaan
  25. Pengadaan buku BSE
  26. Program wajib baca
  27. Program literasi informasi
  1. PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
  1. Memiliki ruang perpustakaan sendiri tanpa harus berbagi dengan SMP BAS.
  2. Terciptanya ruang perpustakaan yang luas, nyaman, menyenangkan sehingga lebih tertata pembagian ruangan baca, literasi informasi, dan pengolahan bahan pustaka.
  3. Memiliki unit komputer lebih banyak lagi untuk literasi informasi.
  4. Adanya pengembangan program aplikasi untuk input data pengunjung.
  5. Memiliki koleksi bahan pustaka yang memadai dan berkualitas sesuai dengan rombel setidaknya lebih dari 2000 buku bacaan.
  6. Realisasi kegiatan wajib baca di perpustakaan sebagai kegiatan rutin sekolah.
  7. Memanfaatkan beberapa sudut strategis lingkungan sebagai taman bermain.
  8. Memotivasi warga sekolah untuk peduli mewakafkan buku.
  9. Memaksimalkan perpustakaan mini di setiap kelas.
  10. Meningkatkan kegiatan lomba perpustakaan setiap tahunnya.
  11. Mengadakan kegiatan pameran buku dan seni setiap semester sebagai kegiatan tahunan dengan mengundang instansi lain.
  12. Terciptanya perpustakaan berstandar ISO.
  13. Menambah pustakawan.
  14. Menerapkan E-Library learning.
  15. Menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI.

TATA TERTIB PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

 

A. HARI KERJA

Perpustakaan buka setiap hari kerja, yaitu:

  1. Senin - Jumat pukul 07.00 - 14.00 WIB
  2. Sabtu pukul 07.00 - 12.00 WIB

 

B. KEANGGOTAAN

  1. Setiap anggota perpustakaan adalah siswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan SMA Al Huda Boarding School.
  2. Kartu anggota dapat diperoleh dengan mengisi formulir dan menyerahkan pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar serta file foto.
  3. Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka hanya dilayani dengan menggunakan kartu anggota.
  4. Kartu anggota tidak dapat dipinjamkan/dipergunakan orang lain.
  5. Jika kartu anggota hilang harap melapor kepada petugas perpustakaan.

C. KEWAJIBAN ANGGOTA

  1. Mengisi daftar pengunjung yang telah disediakan
  2. Menitipkan barang berupa tas, jaket, dll di rak yang sudah disediakan.
  3. Tidak diperbolehkan membawa/makan minum serta merokok di perpustakaan.
  4. Memamatuhi segala tata tertib/peraturan yang telah ditentukan.
  5. Menjaga kesopanan dan ketertiban, dan ketenangan di dalam perpustakaan.
  6. Meminjam dan mengembalikan bahan pustaka sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan.

 

D. TATA TERTIB PEMINJAMAN

  1. Peminjam wajib membawa kartu anggota perpustakaan SMA Al Huda Boarding School.
  2. Peminjam harus datang sendiri dan tidak boleh menggunakan kartu anggota orang lain.
  3. Peminjaman bahan pustaka hanya boleh meminjam satu buku satu siswa dalam waktu satu minggu. Untuk pendidik dan tenaga kependidikan diperkenankan meminjam sebanyak-banyaknya hanya 3 buku dalam satu minggu.
  4. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda Rp 1.000,00 per buku dengan menyesuaikan hari kunjung muslim/muslimah.
  5. Peminjam yang menghilngkan/merusakkan buku diwajibkan mengganti dengan buku yang sama atau membayar seharga buku yang dihilangkan.
  6. Bahan pustaka yang dapat dipinjam dan dibawa pulang, yaitu buku-buku yang sudah disiapkan di rak buku.
  7. Bahan pustaka yang tidak diperkenankan dibawa pulang, yaitu surat kabar, majalah, dan buku di rak referensi.

 

PRESTASI PERPUSTAKAAN

SMA AL HUDA BOARDING SCHOOL

Tahun 2017 SMA Al Huda Boarding School terpilih menjadi nominasi ke 5 perpustakaan sekolah terbaik Se-Kabupaten Tuban dalam lomba perpustakaan yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban.

 

 

 

 


Berita Terkait

Anger MANAGEMENT
Senin, 26 Nov 2018, 10:27:27 WIB Baca
MENJADI BERBUDI SESUAI KODRAT INSANI
Kamis, 22 Nov 2018, 07:59:54 WIB Baca
Bangun Solidaritas dan Kepemimpinan melalui LDKS
Kamis, 22 Nov 2018, 07:38:05 WIB Baca

Tuliskan Komentar