PJBL(Project Based Learning)

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan.

SMA Al Huda Boarding School mengadakan kegiatan PJBL di sekolah dengan mendatangkan pemateri dari luar yang diikuti siswa kelas X dan XI bertemakan “Melukis Bersama Sanggar Lukis Sagita”. Bersama dengan Kakak Gita Fitrilia Evendi yang akrab disapa kak Gita kami semua belajar bagaimana menggambar sketsa wajah pahlawan.

            Apakah kalian mau kenal lebih dekat dengan kak Gita? Jadi… Kak Gita ini tinggal di Desa Doromukti, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Bakat yang dimiliki Kak Gita ini adalah hasil turunan dari ayahnya yang sebenarnya pendiri dari sanggar lukis sagita. Selain itu, Kak Gita juga menyukai kartun maupun anime yang memotivasi dirinya untuk bisa menggambar. Juga Kak Gita mengikuti les lukis, lomba, dan sekolah seni. Jangan lupakan bahwa Kak Gita ini adalah salah satu lulusan mahasiswi ITB. Kakak Gita ini juga menjual hasil karyanya lewat instagram. Kalian bisa lihat hasil lukis kak Gita di @temblekkuro_ atau @effe_green_ yaaa!

            Memulai dengan sketsa para pahlawan, yaitu lukisan yang masih kasar dengan tujuan untuk memberikan pola suatu gambar. Berawal dengan menggambar lingkaran untuk kepala dan tiga garis, kemudian mata, hidung, dan mulut. Barulah setelah itu menggambar lekuk tubuhnya. Jangan lupa untuk menggambar arsiran pada bagian gelap yang tidak tertimpa cahaya. Jadilah sketsa yang ingin digambar.

            Panitia mempersiapkan sebuah papan agar semua siswa SMA Al Huda Boarding School bisa melihat goresan awal yang dilakukan Kak gita menggunakan alat gambar yang tak lain adalah charcoal. Siswa-siswi diberikan selembar kertas putih sebagai alat untuk menggambar

dan tak lupa dengan contoh gambar pahlawan-pahlawan yang nantinya akan dipakai contoh menggambar.

            Saat menggambar Kak Gita mengawasi seluruh siswa. Jika, ada salah satu siswa yang kesulitan, maka Kak gita dengan sigap menjelaskan ulang dan tak segan untuk mengarahkan pensil sesuai pola yang ditentukan. Sebelum penutupan PJBL semua siswa dan siswi diajak berfoto bersama dengan menunjukkan gambar sketsa karya masing-masing. Kegiatan yang menyenangkan sekaligus sangat bermanfaat bagi siswa SMA Al Huda Boarding School. Sampai bertemu dalam kegiatan PJBL lainnya ya. . .

Oleh Jane Austen, Journalist of SMA Al Huda Boarding School