PERINGATAN HUT RI KE-75

 

   PERINGATAN HUT RI KE-75

   “SEMANGATKU PERJUANGANKU”

 

Hallo guys kembali lagi dengan tim jurnalistik SMA Al Huda Boarding School. Semoga kalian semua selalu dalam lindungan Allah dan tetap semangat menjalani aktivitas meskipun di tengan pandemi seperti ini. Okay kali ini tim jurnalistik SMA Al Huda Boarding School akan memberikan berita yang update tentunya, yaitu kemeriahan peringatan HUT RI ke-75 di tengah wabah covid-19 yang dilaksanakan sekolah tercinta.

AGUSTUS, bulan tersebut tidak asing lagi bagi kita bukan? Bulan sebagai tanda bangsa Indonesia merdeka dari penjajah. Bulan sebagai tanda berakhirnya kesengsaraan, penindasan, penderitaan yang dialami dan dirasakan rakyat Indonesia. Bulan sebagai tanda surutnya air mata rakyat Indonesia yang sengsara akibat penjajahan. Bulan sebagai tanda rasa syukur dan ucapan terima kasih bangsa Indonesia pada pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan. Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia dinyatakan merdeka dan sejak itulah disepakati sebagai bentuk peringatan hari besar nasional (PHBN).

Seluruh warga Indonesia dengan penuh antusias dan semangat 45 merayakan HUT RI ke-75 di daerahnya dengan cara masing-masing. Salah satu di antaranya, yaitu SMA Al Huda Boarding School yang tidak ingin ketinggalan dengan mengadakan kegiatan peringatan HUT RI ini secara online yang jatuh pada tanggal 24-25 Agustus 2020. Hari yang patut kita rayakan dengan penuh rasa syukur, suka cita, dan kebahagiaan.

Namun, ada yang beda untuk perayaan kali ini dikarenakan bangsa Indonesia sedang diberikan ujian, yaitu adanya wabah covid-19. Dengan demikian, peringatan HUT RI kali ini tidak dapat dilaksanakan seperti tahun lalu yang biasanya mengumpulkan seluruh warga sekolah dengan berbagai macam perlombaan dan dapat bersinggungan secara langsung. “Yaaaaaa kali ini sekolah hanya bisa memperingati HUT RI ke-75 dengan cara mengadakan lomba online seperti halnya kita tahu bahwa saat ini masih sangat risiko untuk melaksanakan sebuah perayaan dengan mendatangkan kerumunan orang. Saya harapkan meskipun dilaksanakan secara online, kalian tetap menghargai perjuangan pahlawan kita dengan cara mengikuti perlombaan yang ada dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan antusias”, tutur ustad Dadang Jatmiko selaku ketua pelaksana peringatan HUT RI SMALDA. Selain itu, beliau menambahkan bahwa nasionalisme adalah jiwa peduli yang berwawasan kebangsaan, cinta tanah air dan negeri serta menjunjung nilai-nilai luhurnya. Dengan demikian, beliau berharap jiwa nasionalisme harus ada di dalam diri kita apabila mengaku menjadi bangsa Indonesia. Salah satunya mengingat dan menghargai perjuangan para pahlawan melalui kegiatan perayaan ini.

Tema yang dihadirkan, yaitu Esensi Proklamasi Kemerdekaan dalam Sinergitas Kebersatuan Kebangsaan. Alasan pengambilan tema tersebut, yaitu semangat kebersatuan dalam kebangsaan kita yang harus senantiasa selalu diwujudkan selain sebagai bentuk cinta tanah air dan nasionalisme, terlebih adalah esensi mendasar bagi ide awal proklamasi kemerdekaan NKRI yang besar, kokoh berdiri, makmur sentosa penuh perjuangan, pengorbanan juga upaya kita segenap bangsa untuk memiliki komitmen yang tinggi bagi kemajuan peradaban bangsa di masa depan, tutur ustad Dadang. Okay move on dari tema, lanjut dengan lomba-lomba yang diadakan SMA Al Huda Boarding School, di antaranya cipta puisi, menyanyi, dan resensi buku. Namun, sangat disayangkan sekali tidak ada lomba yang mengandung kecepatan dan ketangkas seperti lari estafet, basket, dan sepak bola. Padahal lomba-lomba tersebut yang ditunggu-tunggu siswa SMA Al Huda Boarding School. Meskipun demikian, semangat mereka tidaklah padam, mereka juga antusias dalam lomba online ini. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya peserta yang sudah mengirimkan hasil karyanya via email.

Sedikit dari sekian banyak kesan dari siswa SMA Al Huda Boarding School dalam lomba online dalam memperingatan HUT RI ke-75 tahun ini, "seru banget, walau tanpa ketemu." celoteh Diana selaku ketua OSIS periode 2019/2020 saat diwawancarai tim jurnalistik SMALDA via telepon. "Semangat 45 berkobar." tutur Rifki dengan spontan saat wawancara via telepon. Kami mengambil kesimpulan bahwa para pahlawan telah memperjuangkan kemerdekaan untuk anak cucunya agar bisa menikmati Indonesia dengan flora fauna dan alamnya yang menakjubkan dan digunakan untuk hal-hal yang positif serta untuk mengenang jasa para pahlawan kita, yaitu salah satunya memperingati HUT RI ke-75 dengan lomba agustusan yang didasari semangat 45. INDONESIA MAJU, TETAP SEHAT, TETAP SEMANGAT, MERDEKA…….

Karya :

  • Rayhan Faza Surya Daffa
  • Ahmad Bayu Samsuddin
  • Bram Gymnastiar Nugroho
  • Muhammd Aufal Haq
  • Rifqi Haezul Ma’ali